Senin, 23 Januari 2012

10 Hal Penyebab Stress yang Tidak Kita Sangka-Sangka

Kebanyakan orang menganggap bahwa stres disebabkan oleh tekanan pekerjaan, entah atasan yang bawel atau deadline dan banyaknya pekerjaan yang harus Anda selesaikan dalam waktu yang relatif singkat. Masalah keluarga, perceraian atau perselisihan paham di dalam keluarga. Atau masalah percintaan, entah karena si dia selingkuh, tak memberikan perhatiannya pada Anda atau berbeda pendapat.

Namun tahukah Anda bahwa ternyata masih ada beberapa sumber yang tanpa disadari sebenarnya turut mengambil andil stres yang sedang Anda alami. Cermati beberapa hal penyebab stres berikut ini:



1. Dokter

Saat Anda sakit tentunya Anda akan segera mengunjungi dokter agar cepat diperiksa dan diberi obat bukan? Dokter juga akan memberikan resep serta pantangan makanan yang tak boleh Anda konsumsi. Saat ini tanpa Anda sadari stres bisa muncul tiba-tiba, ‘jadi makan apa nih?’, ‘aduh sampai kapan nih menunya gini’, ‘kalau nanti makan ini terus apa nggak tambah sakit?’, dan berbagai pertanyaan lain yang tiba-tiba muncul memenuhi benak Anda. Stres lainnya juga muncul jika tiba-tiba dokter memvonis penyakit Anda. Yang seharusnya sakit maag menjadi usus buntu. Bukan hal yang tak mungkin, karena beberapa gejala menunjukkan hal yang sama. Dan perlu kecermatan dokter untuk memastikan kondisi apa yang sedang diderita pasien.


2. Teman Curhat

Terkadang dia menelepon Anda tengah malam sambil menangis-nangis, terkadang ia menyita jam makan siang Anda, atau kadang mendadak ia memaksa Anda menginap di rumahnya dengan alasan ia tak ingin kesepian. Semua orang punya masalah, begitupun juga Anda, dan terkadang menjadi stres tersendiri bagi Anda jika ia terus menerus curhat tentang masalahnya. Terkadang Anda juga butuh didengar, bukan selalu menjadi pendengar, ya kan?

3. Hewan Piaraan

Manis dan lucu, menggemaskan dan membuat Anda terhibur, tetapi juga sekaligus bikin stres apabila tiba-tiba mereka sakit, mengajak bermain di saat Anda sibuk, berulah menghancurkan barang. Oh betapa menyebalkannya hewan piaraan di kala itu. Jangan luapkan emosi Anda pada hewan piaraan Anda, mereka tak bersalah, mereka hanya ingin disayang dan diperhatikan.

4. Alarm

Beberapa adegan di film menunjukkan orang paling benci jika alarmnya berbunyi di pagi hari, ada yang membantingnya hingga rusak, ada yang memasukkannya pada laci, ada pula yang menyimpannya di balik bantal. Well, itu bukan hanya terjadi di film saja, tetapi juga di dunia nyata. Terkadang suara alarm sangat mengganggu tidur kita, walaupun ia menyelamatkan dari tugas dan kewajiban yang sedang menunggu. Singkat kata, alarm sangat menyebalkan dan membuat Anda stres dengan suaranya yang memekakkan telinga di pagi hari.

5. Handphone Anda

Entah itu aplikasi chatting, SMS atau telepon di tengah malam, sangatlah menyebalkan! Apakah yang membuat menyebalkan? ringtone yang mereka miliki. Masih enak-enaknya Anda bermimpi dan tidur nyenyak, eh malah dibangunkan dengan telepon yang salah sambung. Sungguh tak menyenangkan bukan?

6. Kunci Anda

Pernah kehilangan kunci di saat Anda terburu-buru? Sepertinya hampir semua orang pernah mengalami hal ini, dan memang sangat menjengkelkan. Anda mungkin berharap seandainya saja kunci bisa di telepon atau di missed call, tetapi nyatanya hal itu tidak mungkin.

7. Status Facebook dan Comment

Facebook, jejaring sosial yang menarik banyak minat orang untuk stay dan online 24 jam di dalamnya. Di sana kita bisa bertemu teman lama, bertemu kenalan baru, pasang status, dan saling mengomentari update status sampai upload foto. Di satu sisi hal tersebut menyenangkan, namun jika ternyata komentar yang ditulis tak sesuai harapan Anda, tentu akan membuat kecewa. Belum lagi kalau Anda menemukan bahwa gebetan Anda ternyata sudah punya kekasih dan sedang dekat dengan orang lain di dalam Facebook. Sungguh membuat mood Anda hancur dalam waktu sedetik saja.

8. Kamar Anda

Kamar pribadi selalu nyaman dengan bantal dan guling yang Anda rindukan di malam hari. Tetapi kamar juga sekaligus dapat membuat Anda stres berat, jika: kamar berantakan, kamar kotor dan aromanya tak sedap, Anda terlalu lama berada di kamar. Masihkah kamar menjadi tempat yang menyenangkan? Tentunya tidak, kamar menjadi tempat yang paling membosankan!

9. Komputer

Komputer adalah benda yang cerdas dan sangat membantu dalam beberapa hal, tetapi sekaligus membuat kita gemas apalagi jika tiba-tiba ia mati di saat program masih berjalan, atau ia tak mau diatur di kala kita menginput suatu perintah.

10. Berita Televisi

Berita memang sangat penting sebagai sumber informasi untuk kita, namun jika terlalu banyak berita meresahkan, entah itu demonstrasi bencana alam, atau resesi ekonomi semua hal itu justru membuat Anda stres dan malah berpikir yang tidak-tidak.

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites